Recent Comments

Monday, September 9, 2013

Statistik: Perbandingan Jumlah Pengguna OS Windows, Mac, & Linux

Laptop atau perangkat mobile seperti iPad atau Tablet PC pada dasarnya membutuhkan OS untuk beroperasi. Dan tak dapat dipungkiri bahwa ada banyak OS dan produsen OS di seluruh dunia ini. Namun, kebanyakan dari mereka telah keluar dari kompetisi (gagal). Orang-orang hanya tahu tentang sangat sedikit dari mereka. Dan dalam posting kali ini saya akan fokus pada data statistik 3 OS besar di dunia, apalagi kalau bukan Windows, Mac, & Linux.




WINDOWS
Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates, si orang terkaya di dunia sekaligus pemilik perusahaan raksaasa Microsoft ini. Perangkat lunak raksasa milik Microsoft mengamankan posisi teratas dengan OS windows mereka. Ini adalah OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Khususnya pada komputer mikro yang tidak memiliki pesaing yang kuat. Lebih dari 84% komputer mikro (di seluruh dunia) menggunakan sistem operasi Windows. Bisa dibayangkan, seberapa banyak orang yang menggunakan sistem operasi yang satu ini.

MAC OS
Steve Jobs (Apple) telah sukses dengan beberapa perangkat mereka, apalagi kalau bukan iPod, iPad, & iPhone. Namun, Apple tidak hanya memproduksi 3 barang tadi, karena Apple juga memiliki komputer desktop & tablet. Dan perangkat yang mereka miliki berjalan dengan menggunakan sistem operasi Mac OS. Tidak terlalu buruk, tapi tak bisa dipungkiri bahwa mereka tidak dapat bersaing dengan Windows karena sistem usaha yang tertutup dan harga tinggi dari perangkat keras ini menjadi alasan utamanya.  

Meskipun jelajah pasarnya masih sangat rendah, tetapi ada kesempatan bagi mereka untuk meraih banyak pengguna Windows OS. Dan mereka selalu berusaha untuk meraup pasar OS. Tapi Microsoft (yang dipimpin oleh Bill Gates) benar-benar menjadi saingan yang sulit bagi mereka, betul?

LINUX
Datang ke dunia perangkat lunak dengan sistem open source. Ya, saya akan berbicara mengenai sistem operasi Linux. Linux menempati posisi terakhir dengan jumlah pengguna yang cukup banyak di dunia. Linux memiliki versi yang berbeda dari OS lainnya, dan mereka sering merilis beberapa versi dalam sebulan.
   
Beberapa versi mereka yang dikenal orang, seperti: Ubuntu, Kubuntu, Lubuntu, Mint dan lain-lain. Developers dan ahli IT profesional sangat menyenangi OS yang satu ini. Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa orang-orang umum sangat benci karena tampilan dan sistem yang agak kompleks. Jika Linux ingin meningkatkan jumlah penggunanya di dunia, ia tak akan memiliki banyak cara, kecuali jika ia sadar bahwa banyak orang ingin tampilan Linux yang lebih simpel & menarik. 

OS LAINNYA
Sebenarnya, ada banyak OS lain juga di dunia ini. Tapi tak satu pun dari mereka yang mampu menangkap 1% dari total pasar. Dan bisa dibilang bahwa mereka 'gagal' menjadi perangkat komputer yang dibutuhkan orang di seluruh dunia ini.

3 komentar:

Copyright © 2012 Hekel All Right Reserved